header-int

Kerjasama MoU STAI Denpasar Bali dengan Thailand

Selasa, 06 Mar 2018, 11:40:44 WIB - 173 View
Share
Kerjasama MoU STAI Denpasar Bali dengan Thailand

(Penandatangan MoU oleh Ketua STAI Denpasar di Thailand)

Mengawali tahun ajaran baru, STAI Denpasar membuka kerjasama dengan Thailand untuk Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)/Kuliah Kerja Nyata (KKN) integratif. Meski sebenarnya kerjasama ini sudah lama dilaksanakan oleh kampus-kampus lain di Indonesia, seperti UNUD Bali, IAIN Jember, UINSA Surabaya dan masih banyak lagi. Untuk STAI Denpasar sendiri yang notabene Sekolah Tinggi pendatang baru dalam dunia perguruan tinggi, maka ini menjadi kerjasama luar negeri pertama kali dan rencananya akan terlaksana pada tahun ini.

"Alhamdulillah PPL/KKN integratif ke Thailand bisa terwujud tahun ini, ya semoga terlaksana dengan baik". Kata Ketua STAI Denpasar. Sebenarnya PPL/KKN integratif di Thailand sama seperti PPL/KKN yang ada didalam negeri. Hanya saja PPL/KKN integratif ini mempunyai nilai yang lebih dalam di mata nasional atau bahkan internasional. Serta menjadi suatu kebanggaan tersendiri dari kampus maupun mahasiswanya.

 Dalam pelaksanaanya, pihak STAI Denpasar memberikan kesempatan kepada mahasiswanya yang siap pergi ke Thailand selama 5 bulan. Karena ini yang pertama dalam kerjasama dengan negara bersangkutan maka pihak STAI Denpasar memberi 5 kuota mahasiswa. Yang diambil dari masing-masing program studi dari Manajemen Pendidikan Islam, Ekonomi Syariah dan Pendidikan Agama Islam.

 

" Ya, Insyaallah pada tahun yang akan datang kita tambah kuota mahasiswanya dalam PPL/KKN ke Thailand. Kita akan tambah menjadi 10 kuota mahasiswa seperti yang diterapkan kampus-kampus lain, contoh IAIN Jember yang memberikan 10 kuota mahasiswanya". Sambung pak Ketua.

Setelah sukses dalam menjalin kerjasama dengan Thailand, STAI Denpasar akan menambah kerjasama mereka dengan negara-negara lain. "Target kita Malaysia dan Jepang untuk selanjutnya, kita tunggu perkembangannya semoga dapat terlaksana dalam waktu dekat". Lanjut beliau.

STAI Denpasar saat ini memang serius dalam kerjasama internasional, meski dapat dibilang baru STAI Denpasar ingin menjadikan atau mewujudkan kampus yang semakin tahun semakin lebih baik. Mewujudkan mimpi mahasiswa(i) nya dalam bidang keahlian profesinya agar dikenal dalam nasional bahkan dalam kancah internasional.

"Ya, Semoga saja dengan MOu pertama kita di Thailand ini menambah pengalaman diluar negeri untuk mahasiswa(i) STAI Denpasar, dan juga menambah wawasan keilmuan mereka, Semoga kerjasama ini dapat dimaksimalkan oleh mahasiswa(i) kita, ya paling tidak mereka tahu bagaimana beradaptasi tidak dengan kebiasaan mereka". Pungkasnya

sumber : ketua STAID

Oleh: Mico Agung (FPM)

Unidha Menjadikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Denpasar sebagai Perguruan Tinggi yang berkualitas, profesional dan Islami serta berwawasan budaya dalam rangka mengembangkan masyarakat yang damai dan sejahtera.
© 2018 STAI Denpasar Bali Follow STAI Denpasar Bali : Facebook Twitter Linked Youtube