header-int

Simulasi Borang Re-akreditasi ES dan MPI STAI Denpasar Bali

Senin, 02 Apr 2018, 10:41:27 WIB - 109 View
Share
Simulasi Borang Re-akreditasi ES dan MPI STAI Denpasar Bali

Akhir Februari 2018, Hj. Kusjuniati Kaprodi Ekonomi Syariah  dan H. Imam Muhayat Kaprodi Manajemen Pendidikan STAI Denpasar Bali  beserta tim masing-masing  telah menyelesaikan penyusunan borang re-akreditasinya. Sejumlah unsur pimpinan, dosen,dan staff terlibat dalam penyusunan yang dilanjtkan dengan simulasi penilaian borang akreditasi 2 prodi tersebut sebelum diunggah pada lama SAPTO BAN-PT.

“Borang akreditasi prodi merupakan portofolio pendiskripsian 7 standar pelaksanaan pendidikan tinggi yang telah dilakukan oleh prodi dan unit pengelolanya minimal pada 3 tahun terakhir,” kata Jumari ketua STAI Denpasar Bali. Saat ini, pengajuan akreditasi baik prodi (APS) maupun institusi (APT) harus melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).

 

“Untuk borang APS yang diunggah pada lama SAPTO BAN-PT memuat 8 butir file unggahan, diantaranya meliputi dokumen borang 3A yang diisi oleh prodi dan borang 3B yang diisi oleh unit pengelola prodi dalam file penilaian kualitatif maupun kuantitatif,” demikian ditambahkan Jumari.

Kebijakan akreditasi yang diterapkan oleh  BAN-PT merupakan salah satu upaya evaluasi standar pendidikan tinggi di Indonesia, baik dalam bentuk perencanaan pendidikan, proses pelaksanaan pendidikan, capaian, dan evaluasi serta tindaklanjutnya. Selain itu untuk mengukur berbagai perencanaan untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang pendidikan tinggi itu, didasarkan pada Renstra dan Renop-nya.    

Untuk penguasaan pengisian materi APS ES maupun MPI, sebelumnya para dosen dan stafftelah dikirim dalam berbagai pelatihan di Bali maupun di luar Bali dalam berbagai kegiatan kompetensi pengisian borang akreditaasi. Hasilnya, beberapa unsur pimpinan maupun staffSTAI Denpasar Bali sudah lumayan fasih melaksanakan tugas tersebut dengan tetap berpedoman pada Buku Akreditasi BAN PT.

Untuk sinkronisasi data dan kepentingan nilai akreditasi agar maksimal, maka penyusunan borang lanjut simulasi penilaiannya telah dilakukan oleh tim masing-masing diantaranyaJumari, Ahmad Qosim, Imam Muhayat, Kusjuniati, Moh. Fawaid, Sudarsono, Kurniawati,Rusmayani, dan beberapa dosen lainnya beserta para staff diantaranya Rizky, Murni, Mumtaz, Lukman, Tari Rosita, dan Wilda. Ketua Prodi ES Hj. Kusjuniati menyampaikan, “Supaya borang bukan sebagai istilah nyinyir Bondo Ngarang, maka setiap isian dalam portofolio mesti merupakan  gambaran dari  7 standar pendidikan tinggi yang telah dilaksanakan prodi dan institusi.”

“Bismillah, kita mesti terus ikhtiar mengembangkan PTKIS kita sebagai bagian ladang amal ibadah,” demikian penuturan Waket I Bidang Pendidikan H. Ahmad Qosim.  “Menyimak demikian krusialnya akreditasi kampus terkait dengan implikasi kualifikasi PTKIS, makasudah selayaknya menjadi pencermatan bersama,” pesan Ketua Senat Akademik H. Mahrusun di sela-sela pertemuan di ruang dosen.

Dalam Keputusan Mendiknas RI Nomor 004/U/2002 tentang Akreditasi pada Perguruan Tinggi antara lain disebutkan, BAN-PT adalah suatu badan independen non struktural yang bertugas melakukan penilaian mutu dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan tinggi pada perguruan tinggi. Akreditasi adalah pengakuan atas program studi pada perguruan tinggisesuai SNPT (HIM/JM).

Unidha Menjadikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Denpasar sebagai Perguruan Tinggi yang berkualitas, profesional dan Islami serta berwawasan budaya dalam rangka mengembangkan masyarakat yang damai dan sejahtera.
© 2018 STAI Denpasar Bali Follow STAI Denpasar Bali : Facebook Twitter Linked Youtube