header-int

Sosialisasi Asuransi Syariah dan Dana Pensiun Syariah

Kamis, 13 Sep 2018, 08:10:17 WIB - 21 View
Share
Sosialisasi Asuransi Syariah dan Dana Pensiun Syariah

Guna Menambah Wawasan Syariah kepada Mahasiswa, STAI Denpasar dan OJK Kota Denpasar Menggelar Sosialisasi Asuransi Syariah dan Dana Pensiun Syariah

Ahad (9/9) STAI Denpasar Bali menggelar acara sosialisasi asuransi syariah dan dana pensiun syariah dengan tema "Mengenal Produk Asuransi Syariah dan Produk Pensiun Syariah" di aula STAI Denpasar mulai pukul 09.00 - 14.00 WITA.

Dalam kesempatan kali ini STAI Denpasar Bali bekerja sama dengan OJK (Otorisasi Jasa Keuangan) Denpasar. Salah satu pemateri, ibu Nia Syefi, sedikit menjelaskan bahwa OJK merupakan salah satu pusat pemerintahan yang mengatur, mengawasi, dan melindungi industri keuangan yang sehat. OJK mengatur keuangan non bank dan selain pasar modal seperti pegadaian, OJK melindungi pemilik dan penanam investasi.

Ketua STAI Denpasar, Jumari, S.P., M.Pd dalam sambutannya memberikan penegasan bahwa tujuan kegiatan ini ada 3, diantaranya adalah memperkenalkan adanya asuransi dan dana pensiun syariah, mendorong mahasiswa untuk ikut menjadi peserta asuransi dan dana pensiun syariah serta mendorong jajaran dosen maupun mahasiswa untuk menjadi agen produk asuransi dan dana pensiun syariah.

Acara sosialisasi ini dikemas berbeda dari acara STAI Denpasar pada umumnya. Peserta acara ini terbatas untuk 100 peserta. Kemudian peserta dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas A dan kelas B dengan masing-masing 3 pemateri dan 50 peserta dalam satu ruangannya.

Kelas A terletak di aula STAI Denpasar dengan tema pembahasan tentang asuransi syariah. Adapun pemateri diantaranya adalah R. Agrosamdyo, S.E., M.M yang merupakan dosen STAI Denpasar Bali. Beliau memberikan materi tentang "Penguatan Kompetensi Mahasiswa dalam Perspektif Lembaga Keuangan Syariah". Kemudian perwakilan dari Direktorat Industri Keuangan Bank Syariah Jakarta Selatan, membawakan materi tentang "Pengenalan Industri Asuransi Syariah di Indonesia". Dan terakhir dari AASI (Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia) memaparkan materi tentang "Pengantar Perasuransian Syariah".

Sementara Kelas B terletak di ruang kelas sebelah aula STAI Denpasar, mengangkat tema tentang dana pensiun syariah. Adapun pemateri diantaranya adalah H. Kusjuniati, S.E., M.M, salah satu dosen ekonomi syariah STAI Denpasar Bali, memberikan materi tentang "Persiapan Memasuki Usia Pensiun". Kemudian Nia Syefi R perwakilan dari OJK membawakan materi tentang "Program Pensiun Syariah dan Manfaatnya". Dan Sulistyowati dari Direktorat IKNB syariah, OJK memaparkan materi tentang "Dana Pensiun Syariah".

Begitu pentingnya acara tersebut sehingga diharapkan para peserta mampu memahami akan peran asuransi syariah maupun dana pensiun syariah. Meski peserta untuk acara tersebut terbatas 100 orang, namun bagi yang tidak berkesempatan hadir dapat mempelajarinya dengan membuka link berikut ini. 
https://drive.google.com/…/14HHheRv-ok_iDpKYI-n3h1ZeoJpc_1F…

(red. FPM STAI Denpasar Bali)

Unidha Menjadikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Denpasar sebagai Perguruan Tinggi yang berkualitas, profesional dan Islami serta berwawasan budaya dalam rangka mengembangkan masyarakat yang damai dan sejahtera.
© 2018 STAI Denpasar Bali Follow STAI Denpasar Bali : Facebook Twitter Linked Youtube