header-int

Yang Muda, Yang Berkarya, Yang Berwirausaha

Selasa, 07 Agu 2018, 08:29:34 WIB - 32 View
Share
Yang Muda, Yang Berkarya, Yang Berwirausaha

H. Masrur Makmur La Tanro, M.Pd.I: Sukses Luar Biasa dengan Jalan Tak Biasa.

Ahad pagi (5/8) STAI Denpasar menggelar Seminar Kewirausahaan dengan tema "Yang Muda, Yang Berkarya, Yang Berwirausaha". Bertempat di Aula STAI Denpasar lantai II, acara tersebut menghadirkan narasumber yang sangat kompeten di bidangnya, yaitu Drs. H. Masrur Makmur La Tanro, M.Pd.I.

Dalam penyampaiannya, pengusaha sekaligus pemilik money changer yang tersebar di beberapa kota di provinsi Bali tersebut menjelaskan bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa berusaha menjadi muslim yang kuat dan senantiasa memberi manfaat. Menurutnya, salah satu jalan kesuksesan dalam Islam adalah dengan jalan "ijaroh", artinya berdagang atau berusaha.

Drs. Masrur Makmur yang juga merupakan salah satu tokoh ternama di Bali menjelaskan bahwa saat ini jumlah entrepreneur di Indonesia masih sangat minim. Setidaknya hanya ada sebesar 1,5% youth entrepreneur dari ratusan juta jumlah penduduknya. Indonesia masih sangat kalah dengan negara-negara lain di Asean seperti Singapura dan Malaysia.

Untuk itu Pak Masrur memotivasi para pemuda Indonesia untuk menjadi orang yang sukses. Salah satu caranya adalah keluar dari zona nyaman atau menjalani hal-hal yang tak biasa. "Orang sukses yang luar biasa tentunya telah menjalani jalan yang tak biasa," terangnya.

Pak Masrur juga menambahkan jika kesuksesan didapat dari 80% kecerdasan IQ dan sisanya kecerdasan emosional (EQ). Dengan kata lain: "head + heart = hand (terampil berkarya)," tambahnya.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus dimiliki seseorang jika memang berkeinginan kuat untuk menjadi orang sukses. Seperti yang telah disampaikan berikut, "Menjadi orang sukses tentunya harus bisa kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas." tandasnya

Pak Masrur juga memberikan sedikit kata-kata mutiara sebagai penyemangat para peserta seminar untuk berjuang menjadi sukses.

"Jadilah rahib di malam hari dan jadilah kuda perang di siang hari."

"Tekad cukup menjadikan pemuda luhur. Tanpa tekad, seorang pemuda akan terasingkan dan tak bermanfaat."

Begitu banyak ilmu yang disampaikan oleh Drs. Masrur Makmur Ahad pagi ini. Semoga dengan ini dapat memicu semangat para pemuda khususnya mahasiswa untuk menjadi seorang entrepreneur. (red. Atika FPM STAI Denpasar Bali)

Unidha Menjadikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Denpasar sebagai Perguruan Tinggi yang berkualitas, profesional dan Islami serta berwawasan budaya dalam rangka mengembangkan masyarakat yang damai dan sejahtera.
© 2018 STAI Denpasar Bali Follow STAI Denpasar Bali : Facebook Twitter Linked Youtube