G
N
I
D
A
O
L

STAI Denpasar Bali Mengikuti Workshop Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) PTKIS Tahun 2023

Badung, 24-26 Mei 2023

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Sub Direktorat Pengembangan Akademik Kementerian Agama RI menyelenggarakan acara workshop bertema “Workshop Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) PTKIS Tahun 2023” untuk mendukung Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) dalam penyusunan dokumen SPMI. Workshop ini diikuti oleh perwakilan dari Kopertais wilayah IV Surabaya dan 18 PTKIS di bawahnya, serta Kopertais Wilayah XIV Mataram dan 18 PTKIS di bawahnya. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 24-26 Mei 2023 di hotel Arunika, Badung dengan jumlah peserta yaitu 40 orang.

Kegiatan ini menghadirkan Best-Q Institute sebagai narasumber dan fasilitator ahli, yaitu Dr. Muh Nashirudin, S.Ag., M.Ag.; Indrawati, S.S., M.Pd. CRA, CRP; dan Yusuf Nalim, S.Si., M.Si. Kegiatan ini dimulai pada Rabu, 24 Mei 2023 pukul 17.10 yang diawali dengan pengenalan kegiatan dan pelaksanaan workshop, pengenalan trainer Best-Q Institute, kemudian Pre-Test. Pada Pre-Test Dosen STAI Denpasar Bali yang juga menjabat sebagai Ketua Pusat Penjaminan Mutu, Fajri Zulia Ramdhani, mendapatkan peringkat pertama.

Pada 20.00 WITA kegiatan dilanjutkan dengan Pembukaan kegiatan Workshop SPMI. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Dr. H. Mukti Bisri, M.Ag. (Sub Koordinator Mutu Akademik) dan dibuka oleh Dr. Lukman Nugraha, M.Ed. (Sub Koordinator Bina Prodi). Kegiatan Workshop SPMI di Bali ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan yang sebelumnya telah diadakan di kota lain Palembang, Makassar, dan lainnya. Hal ini untuk mendorong penjaminan mutu di PTKIS utamanya yang memiliki ribuan prodi di Indonesia. Dan workshop ini merupakan salah satu bentuk hadirnya negara dalam pengembangan mutu prodi di PTKIS.

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan materi terkait Kebijakan Nasional SPM-Dikti, penyusunan kebijakan SPMI dan manual SPMI. Pada sesi ini turut hadir Ketua STAI Denpasar Bali, yang turut bertanya terkait kebijakan dan penyusunan manual mutu SPMI. Hal ini merupakan bentuk bagaimana pimpinan STAI Denpasar Bali cukup konsen dalam komitmen perbaikan mutu di STAI Denpasar Bali.

Hari selanjutnya, Kamis-Jum’at, 25-26 Mei 2023 materi kembali dilanjutkan standar SPMI, formulir SPMI, efektivitas implementasi PPEPP, serta praktik terbaik implementasi SPMI. Kegiatan ini membahas secara mendalam tentang kriteria-kriteria yang harus dipenuhi, dan pendampingan dalam proses penyusunan dokumen SPMI. Selain itu peserta diberi kesempatan mempresentasikan hasil yang telah dilakukan yang disesuaikan dengan kondisi internal perguruan tinggi masing-masing.

Hal menarik menurut Fajri Zulia Ramdhani, bahwa ia berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan Workshop SPMI PTKIS 2023 ini, terlebih materi yang disampaikan praktis dan mudah dipahami. Selain itu menurutnya, gaya pembelajaran yang atraktif dan interaktif meningkatkan pemahaman terkait kebijakan dan juga dokumen-dokumen SPMI.