G
N
I
D
A
O
L

Acara Maulid Nabi Muhammad S.A.W

Maulid Nabi adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Dimana kelahiran makhluk mulia yang ditunggu jagad raya membuat alam tersenyum, gembira dan memancarkan cahaya.

Tak ketinggalan pula kampus STAI DENPASAR pun turut merayakan Maulid Nabi dengan bertemakan “Membumikan Akhlak Rasul Di Era Modern dan Muhasabah Akhir Tahun 2016. Acara yang dirancang oleh SEMA & DEMA serta LDK FIKIS ini dilaksanakan pada tanggal 30 Desember 2016 / 30 Rabi’ul awal 1438 H , jam 19.30-22.30 WITA bertempat di Aula STAI Denpasar dengan diikuti 200 Mahasiswa maupun Dosen/Umum.

Acara ini dibuka oleh Ketua Panitia, yakni Sdri. Siti Latifah (Mahasiswa STAI Denpasar Prodi Ekonomi Syari’ah Semester 7) dengan menyampaikan harapan agar kita bisa lebih mencintai Rasulallah dan menghidupkan Sunnah Rosul. Dan di lanjutkan sambutan Ketua STAI Denpasar (Bpk.Jumari S.p.,M.Pd) dengan mmeberikan arahan betapa pentingnya mengangkat tema ini bahwa sebagaimana yang kita ketahui di era modern ini banyak hal yang diluar dugaan/perkiraan para generasi sepuh yang terjadi dengan kasat mata. Contohnya : Kebebasan memfitnah, menghujat , menghakimi , serta kebebasan di medsos yang kadang kala sangat miris karena tidak mengenal lagi bahsa yang santun , tidak bisa membedakan mana bahasa privat dan mana bahasa yang disampaikan di ruang public.



Tujuan diadakannya Maulid Nabi adalah bagaimana meneladani Akhlak Rasulalloh dan Muhasabah , Renungan , serta Refleksi akhir tahun 2016. Sementara itu, harapan kedepannya di tahun 2017 adalah Semoga apa kekurangan di tahun 2016 ,di tahun 2017 untuk bersama-sama bertekad kuat dengan saling memperbaiki.

Acara ini juga di isi dengan Sholawat Nabi yang di iringi oleh Group Al-Banjari STAI Denpasar, dan kemudian berlanjut ke acara inti yang di sampaikan oleh : Bpk.KH.Nur Hadi Al-Hafidz dari Ponpes Roudlotul Huffadz – Tabanan (Beliau juga pemilik/pendiri Yayasan Al-Ma’ruf) Hal yang disampaikan oleh Bpk.Nur Hadi Al-Hafidz adalah banyak orang menyambut tahun baru dengan meriah tanpa mengingat bahwa tahun baru membuat umur bertambah kontrak berkurang. Di zaman sekarang yang diutamakan kecerdasan intelektualnya orang yang cerdas dan peduli , jika ada sesuatu yang mebahayakan maka akan di singkirkan. Pesan akhir menutup acara dari beliau adalah : “Jadilah kamu yang pandai mengambil faedah / manfaat. Mariah kita berbenah diri dan mengikuti alhlak Rasulalloh.”

(red: Sulis, Sisi, Yasinta)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *